Indonesian Idol kembali datang! Di tahun 2008 ini, Indonesian Idol datang lagi dengan inovasi terbarunya yang tentu lebih seru dan lebih menantang demi mencari bakat-bakat terpendam anak muda Indonesia yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

Tahun 2008 ini Indonesian Idol akan melaksanakan audisi di 15 kota di Indonesia. Jumlah kota ini hampir dua kali lipat dibandingkan yang sebelumnya hanya 9 kota di Indonesia. Kota-kota di Indonesia yang kali ini dikunjungi oleh tim Indonesian Idol adalah Malang, Madiun, Salatiga, Cilacap, Tegal, Cirebon, Medan, Palembang, Manado, Ambon, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Bali dan Jakarta. Audisi di kota-kota lain akan berlangsung selama 3 hari tetapi khusus untuk kota Jakarta akan dilaksanakan paling lama agar bisa memberikan kesempatan bagi peserta dari kota lain yang belum sempat ikut audisi bisa langsung berangkat ke Jakarta untuk melakukan audisi. Jenis audisi yang diselenggarakan juga merupakan bagian besar dari inovasi terbaru Indonesian Idol yakni Audisi Kecil, Audisi Bis dan Audisi Dream Box.

Audisi kecil adalah audisi yang dilaksanakan dikota-kota selain Jakarta (Medan, Palembang, Manado, Ambon, Surabaya, Jogja, Bandung) yang akan berlangsung selama 3 hari. Sedangkan Audisi Bis adalah audisi yang dilakukan dengan menggunakan kendaraan bis untuk menyusuri kota-kota kabupaten untuk mencari calon-calon idola, Audisi bis ini ditujukan agar tim Indonesian Idol bisa menjelajahi dan mencari bakat-bakat baru di kota-kota kecil yang rencananya akan dilaksanakan di Malang, Madiun, Salatiga, Cilacap, Tegal dan Cirebon.

Daniel Hartono, Project Director Indonesian Idol 2008 menjelaskan, “Bis audisi ditujukan agar tim Indonesian Idol bisa menghampiri secara langsung anak muda di pelosok kota-kota kecil. Kami memulai audisi tanggal 3 Februari 2008 dari kota Malang, Madiun, Salatiga, Cilacap, Tegal dan Cirebon. Secara bersamaan juga audisi di kota Medan, Palembang, Manado, Surabaya, Yogyakarta, Bandung dan Bali.”

Sedangkan audisi Dream Box kembali dijelaskan oleh Daniel Hartono, “Ini adalah bentuk audisi kecil secara free style yang kami adakan dekat pantai di Denpasar, Bali. Setiap orang yang datang bisa langsung mencoba peruntungannya dengan langsung masuk. Dan memang tujuan dari Dream Box ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada anak muda yang punya bakat namun masih malu-malu untuk tampil langsung di depan orang.” Denpasar dipilih sebagai tempat Dream Box karena keindahan Pulau Dewata bisa mewakili keunikan kota-kota di Indonesia. Sehingga secara visual bisa menampilkan ciri khas masing-masing kota di Indonesia yang memang terkenal dengan keindahannya.

Untuk penjurian masih dihadirkan ketiga juri andalan yaitu Indra Lesmana, Titi DJ, dan Anang Hermansyah. Menurut rencana, acara Indonesian Idol akan kedatangan juri-juri tamu yang berbeda-beda seperti misalnya saja Pasha-Ungu, Melly Goeslow, dan Nugie. Namun juri tamu ini nantinya hanya akan hadir pada saat audisi besar di Jakarta.

Yang terbaru lagi dari Indonesian Idol 2008 adalah hadirnya dua host baru yang nantinya akan menemani Daniel Mananta pada saat reality show terbesar ini berlangsung. Ata yang selama ini sudah terbiasa menghiasi Indonesian Idol akan diboyong suami tercinta ke Australia. Sebagai penerusnya adalah dua wanita cantik yang akan membuat Indonesian Idol tahun ini semakin segar dan baru yaitu Dewi Sandra dan VJ Marisa.

“Awalnya, saat Ata pergi, kita ada pertimbangan apakah Daniel harus membawakan acara sendiri atau dicarikan pasangan lain. Akhirnya, kita putuskan mengganti Ata dengan Dewi Sandra dan Marissa. Rasanya kita semua sudah tahu kalau Marissa adalah VJ MTV dan sudah cukup terbiasa untuk menjadi host. Sedangkan Dewi Sandra adalah seorang penyanyi yang justru dasarnya adalah presenter. Jadi kedunya cukup layak untuk menjadi host Indonesian Idol,” jelas Project Director Indonesian Idol 2008 Daniel Hartono. “Kita ingin memberikan nafas baru untuk Indonesian Idol tahun ini. Karena itulah, untuk pertama kalinya di Indonesia kita menghadirkan tiga orang host. Dan kami percaya kehadiran Dewi Sandra dan VJ Marissa akan memberikan sesuatu yang berbeda untuk Indonesian Idol 2008,” imbuhnya lagi.

VJ Marissa yang memiliki nama asli Marissa Leufke Nasution mengakui, “Saya harus banyak belajar terutama dengan Daniel. Kalau di MTV mungkin gila-gilaan sedangkan kalau di Indonesian Idol harus lebih menyesuaikan agar bisa dinikmati oleh semua umur dan kalangan.

Sedangkan Dewi Sandra menyatakan, “Aku sangat excited bisa menjadi host di Indonesian Idol. Karena yang pertama, aku nge-fans banget sama Indonesian Idol dan aku punya latar belakang sebagai presenter dan seorang penyanyi, sehingga sangat memahami dunia tarik suara. Selain itu menjadi host di Indonesian Idol merupakan sebuah tantangan tersendiri.”

Mengingat Asian Idol yang diselenggarakan akhir tahun 2007 lalu masih cukup hangat, kembali disinggung oleh Daniel Hartono bahwa pemenang Indonesian Idol di tahun 2008 bisa jadi akan mewakili Indonesia di ajang Asian Idol tetapi tidak di tahun ini karena menurut Daniel. “Hasil pembicaraan kami dengan FremantleMedia, Asian Idol hanya akan diselenggarakan dua tahun sekali jadi kemungkinan besar di tahun depannya,” tutupnya.

Semua anak-anak muda di Indonesia berhak mendapat kesempatan emas ini dan bersiaplah menjadi kebanggan Indonesia. Tunggu kedatangan audisi Indonesian Idol di kota Anda!

Source: Indonesian Idol 2008 Press Release