urban jazz crossover

Kolaborasi Ello dan Maylaffayza lewat tembang Viva La Vida-nya Coldplay ternyata menjadi penutup konser Dji Sam Soe Urban Jazz Crossover (DSS UJC) 2010 terakhir yang berlangsung di Grand City Convention Hall, Surabaya pada 18 Juni 2010 lalu. Semua artis pendukung pun muncul kembali di atas panggung untuk ikut bernyanyi bersama sambil melambaikan salam perpisahan kepada ribuan penonton yang hadir malam itu.

Seperti tahun lalu, sekali lagi Surabaya dipilih jadi kota terakhir untuk rangkaian konser Dji Sam Soe Urban Jazz Crossover (DSS UJC) 2010. Sebelumnya rangkaian tur DSS UJC sudah dimulai sejak 30 April 2010 lalu Medan yang kemudian berlanjut ke Bandung, Semarang, dan Jakarta.

ipang - dewi sandra

Di Surabaya, acara dimulai sekitar pukul 20.15 WIB dengan menghadirkan Drew sebagai pembuka. Meskipun tergolong grup musik baru yang belum punya album namun penampilan mereka cukup memikat penonton. Dengan mengusung lagu-lagu kondang macam Come Together-nya The Beatles, Smells Like Teen Spirit (Nirvana), With Or Without You (U2), Sempurna (Andra and the Backbone) hingga That’s Not My Name (The Ting Tings) dalam format akustik, keempat personel Drew berhasil mengajak para penonton ikut bernyanyi bersama.

Diselingi permainan piringan hitam oleh DJ Cream dan pertunjukan visual 3D masking serta augmented projection pada moveable projected backdrop, konser malam itu disambung dengan duet Kyriz dan Ipang mengguncang panggung dengan Enter Sandman-nya Mettalica.

Seperti sedang berestafet, sebelum tampil sendiri, Dewi Sandra sempat berduet bareng Ipang di lagu Bete Ah. Usai penampilan singkat Dewi Sandra di atas panggung, disusul kemudian dengan tampilnya Sandhy Sondoro yang diiringi oleh Indra Lesmana.

Dari sekitar lima lagu yang dibawakan oleh Sandhy malam itu, yang paling menarik adalah ketika ia membawakan Yang Terlupakan. Lagu yang identik dengan Iwan Fals itu jadi terdengar berbeda dalam nuansa jazzy.

Sementara Ahmad Albar yang paling dinanti, muncul setelah penampilan asyik dari Kikan Cokelat. Sayangnya, vokalis God Bless itu hanya tampil dengan dua lagu, Panggung Sandiwara (God Bless) dan Got to Get You into My Life (The Beatles). Ello yang tampil paling akhir justru berkesempatan mengusung sampai lima lagu.

Di atas panggung, Ello sempat memuji penonton Surabaya yang dianggapnya terbaik dibandingkan penonton di kota-kota sebelumnya. Usai acara, pujian serupa juga disampaikan oleh beberapa penyanyi lainnya. salah satunya, Ipang. “Yang terbaik untuk show, ya memang Surabaya,” kata Ipang.

Hore! Hidup arek-arek Suroboyo! 🙂

FOTO: Benny Chandra