Selain Coolio, ada juga sederet artis lain yang tampil di hari terakhir Java Soulnation 2010 pada 30 Oktober 2010 lalu. Sebagian besar di antaranya adalah artis musik dalam negeri.

Sebut saja seperti Ecoutez yang menjadi penampil pertama di hari ke-2 itu yang berlangsung mulai sekitar pukul 5 sore. Pada saat bersamaan, di panggung lain juga sedang tampil grup Tambuco dari Mexico. Di jam selanjutnya, ada kolaborasi Soul D’Soul yang menampilkan Joeniar Arief, Lala Suwages, dan Soulmate secara bergantian di panggung utama.

Meskipun jumlah penonton yang hadir pada malam itu tampak tidak sebanyak sehari sebelumnya, namun secara bergantian, masing-masing panggung terlihat selalu padat. Lihat saja ketika Calvin Jeremy muncul di Tebs Stage, Dira Sugandi di A Mild Stage, dan Les Nubians di Aha Main Stage. Bahkan waktu giliran Sandhy Sandoro manggung di Mandiri Stage dan hadirnya special project Tribute to Motown Music garapan Barry Likumahuwa di panggung utama, antusias penonton tampak lebih besar.

Untuk mengusung kenangan terhadap lagu-lagu terkenal zaman dulu dari label rekaman Motown, Barry menggandeng sejumlah nama seperti SABA, Bayu Risa, Soulmate, AIKO, Matthew Sayers, Dira Sugandi, dan Sandhy Sondoro.

Sepertinya di Java Soulnation Festival 2010, para artis musik lokal mendapat porsi yang lebih besar dari acara sejenis. Apalagi artis mancanegara yang diundang kali ini hanya beberapa saja. Perhatian penonton pun bisa lebih mudah diraih. Mantap!