Ajang festival jazz akbar tahunan akan segera digelar lagi! Dengan misi Bringing the World to Indonesia, Dji Sam Soe Super Premium Jakarta International Java Jazz Festival 2006 (JJF 2006) bakal berlangsung selama tiga hari berturut-turut mulai 3 sampai 5 Maret 2006 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Oleh penyelenggaranya, hajatan musik akbar yang telah tercatat dalam kaleidoskop jazz dunia ini diharapkan dapat membantu memulihkan citra Indonesia yang terpuruk di kancah internasional akibat terorisme sekaligus menggairahkan sektor pariwisata serta menggalang semangat persahabatan dan kerja sama global. “Telah lama saya menyimpan hasrat melakukan sesuatu yang cukup berarti bagi bangsa dan negara, saya bersyukur dapat mewujudkannya melalui sesuatu yang telah menyatu dengan jiwa saya, musik jazz,” kata Peter F. Gontha, Pendiri dan Festival Chairman, dalam press release yang dikirim ke Sembarang.com.

Untuk tahun ini, para penikmat jazz akan terpuaskan dengan penampilan hampir 400 musisi mancanegara telah mengkonfirmasikan keikutsertaan mereka dalam JJF 2006. Jumlah itu lebih banyak dari tahun lalu. Ditambah dengan jumlah musisi tuan rumah, total musisi yang akan tampil melebihi 1000 orang yang sebagian di antaranya terbagi dalam 100-an kelompok musik. Tentu saja termasuk di dalamnya nama-nama seperti Patti Austin, Kool & the Gang, Brand New Heavies, Lee Ritenour, Bob James, Jeff Lorber, Tower of Power, Mezzoforte, Omar & Carleen Andersen, Take 6, Marc de Clive Lowe, Daniela Schaechter, Hiromi, Ad Colen Quartet, Eric Benet, Bubi Chen, Margie Segers, Oele Pattiselano, Luluk Purwanto, Andi Riantono, Elfa Secoria, Indra Lesmana, Ireng dan Kiboud Maulana, Benny Likumahuwa, Deviana, Gilang Ramadhan, Dwiki Dharmawan, Aksan Syuman, Bintang Indrianto, Balawan, Riza Arsyad, Discus, Saharadja, Rieka Roeslan, Nial Djuliarso, Tomorrow People Ensemble, Nina Tamam, Ello, Glenn Fredly, Mocca, Tangga, Kahitna, dan sederet nama lainnya. Mereka akan mempersembahkan musik jazz dalam berbagai komposisi dan bentuk dari era tempoe doeloe hingga kini.

Selain itu, JJF 2006 juga akan menampilkan atraksi seni dan budaya tradisional Indonesia dengan “Pentas Musik Maluku” sebagai puncaknya yang dipersembahkan sebagai penghargaan kepada John Pattirane dan Chris Kayhatu, dua tokoh musik asal Maluku. Dalam sesi itu, bakal hadir para musisi terkenal asal Maluku seperti Bob Tutupoli, Margie Segers, Harvey Malaiholo, Ruth Sahanaya, Shakila, Andre Hehanusa, Glenn Fredly, Joppie Latul, Ello, Utha Likumahuwa, Mike Idol, Daniel Sahuleka, Massada, dan banyak lagi.

Dari panggung-panggung yang menyebar di seluruh area JCC, penonton akan dapat menikmati 150 pertunjukan selama 3 hari atau rata-rata 50 pertunjukan selama 9-12 jam sehari yang dimulai dari siang hari hingga tengah malam. Jangan lupa, akan ada pula “Special Show” dari Patti Austin diiringi Dave Koz Rendezvous All Stars (Jumat), Tower of Power (Jumat), Take 6 (Sabtu), Brand New Heavies (Sabtu), Omar dan Carleen Andersen dengan bintang tamu Incognito (Minggu), serta Kool & the Gang (Minggu).

Tiket JJF 2006 dapat diperoleh di sejumlah ticket box yang tersedia dengan harga Rp 350.000 (tiket harian), Rp 900.000 (tiket terusan 3 hari), dan Rp 150.000 (special show). Oh ya, ada harga khusus untuk pelajar dan mahasiswa loh…