Syahrini Paling Dicari di Yahoo! Indonesia Sepanjang 2012

Yahoo! Indonesia mengumumkan ulasan akhir tahun yang mencerminkan pencarian sehari-hari dan sorotan berita utama dan tren berdasarkan pada apa yang dicari oleh para pengunjung jejaring Yahoo! sepanjang 2012. Ulasan akhir tahun, atau Year in Review (YIR), adalah cara yang berbeda untuk menggambarkan dinamika masyarakat melalui perilaku mereka secara daring. Demikian seperti dijelaskan dalam rilis pers yang diterima Sembarang.com.

Daftar pencarian 2012 ini telah didominasi oleh berita-berita selebriti, skandal, dan gosip, yang sekali lagi menegaskan kembali minat masyarakat Indonesia akan berita-berita hiburan dan showbiz. Ini telah terbukti dari jumlah orang yang mengunjungi situs Yahoo! untuk mencari tahu berita terbaru tentang selebriti lokal, seperti kehidupan cinta penyanyi dan bintang film Syahrini, berita mengejutkan mengenai foto-foto vulgar Nikita Mirzani yang beredar di internet, vonis dua bulan penjara bagi Dewi Perssik dan juga berita-berita percintaan artis-artis Hollywood seperti Kristen Stewart dan Kim Kardashian.

Di antara pencarian populer yang bersifat non-selebriti adalah EURO 2012 – ajang olahraga yang membakar semangat penggemar berat sepak bola di Indonesia, politisi lokal Jokowi yang dinobatkan sebagai wakil dari generasi baru pemimpin Indonesia, kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak atau yang dikenal dengan sebutan “kuburan pesawat”, skandal korupsi mantan Putri Indonesia 2001 Angelina Sondakh, dan video anti-Islam, The Innocence of Muslims, yang telah tersebar luas di seluruh negara Arab dan Muslim yang mengakibatkan beberapa peristiwa tragis di 2012.

Daftar Pencarian Tertinggi Untuk Kategori Umum di Yahoo! pada 2012 adalah :

  1. Syahrini
  2. Kristen Stewart
  3. Nikita Mirzani
  4. Kim Kardashian
  5. Dewi Perssik
  6. Angelina Sondakh
  7. EURO 2012
  8. Sukhoi Superjet 100
  9. Jokowi
  10. Video Anti- Islam: Innocence of Muslims

Nikita Mirzani, 25 tahun, terkenal karena ulahnya yang seringkali membuat kehebohan di dunia maya. Dia menduduki peringkat ke-3 dalam daftar tahunan Yahoo! setelah mendistribusikan foto foto vulgarnya di depan cermin, sebelum bulan suci Ramadhan. Nikita juga dilaporkan telah menyiksa secara fisik Olivia Mai Shandie dan Beverly Sheila , pada 5 September 2012, bersama temannya Angel Army. Nikita dan Angel telah dihukum untuk perbuatan mereka.

Di urutan ke-4 adalah sosialita dari Amerika, Kim Kardashian, yang memicu kehebohan di dunia maya setelah bercerai dengan mantan suaminya Kris Humphries, setelah menikah hanya selama 72 hari, dan kemudian berpacaran dengan penyanyi rap Kanye West. Selain itu, bintang reality show ini juga terkenal karena foto-foto dan video vulgarnya yang tersebar di dunia maya.

Satu lagi artis Indonesia yang terkenal atas keterlibatannya dalam kasus kekerasan adalah Dewi Perssik. Berada di urutan ke-5, Dewi menjadi pusat perhatian setelah terlibat adu jotos dengan Julia Perez, lawan mainnya dalam film “Arwah Goyang Karawang”. Dewi kemudian dijatuhi hukuman dua bulan penjara. Baru baru ini, namanya kembali muncul setelah digosipkan menjalin hubungan dengan Guruh Soekarnoputra, anak bungsu dari presiden pertama Indonesia, Soekarno dan istri ketiganya, Fatmawati.

Di urutan ke-6 dalam daftar Yahoo! adalah Angelina Sondakh. Pemenang Putri Indonesia 2001 ini menjadi anggota DPR, namun memperoleh citra buruk karena keterlibatannya di beberapa kasus korupsi negara. Angelina menghadapi tuntutan 20 tahun penjara setelah dituduh menerima Rp 3,6 miliar sebagai uang suap.

Kegemaran masyarakat Indonesia pada olahraga sepak bola dibuktikan dengan posisi ke-7 untuk EURO 2012 di daftar Yahoo! Hiruk-pikuk mengenai sepak bola makin meningkat seiring dengan pertandingan final antara Spanyol dan Italia. Spanyol berhasil mengalahkan Italia dengan skor 4-0 dalam menutup Euro Cup 2012.

Tragedy pesawat Sukhoi Superjet 100 pada bulan Mei, yang telah menelan 45 korban jiwa menjadi salah satu kecelakaan pesawat terburuk dalam sejarah penerbangan Indonesia. Tragedi ini menempati posisi ke-8, sedangkan Jokowi, politisi yang berjuang bersama Tjahaja Basuki Purnama untuk menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, menempati posisi ke-9 pada daftar tahunan Yahoo!

Posisi terakhir diduduki oleh film anti Islam The Innocence of Muslim. Film yang mengundang banyak kontroversi ini telah memicu banyak protes dan kerusuhan di seluruh penjuru dunia, dan juga mengakibatkan kematian Duta Besar Amerika di Libya.

Untuk daftar 10 besar beberapa kategori menarik lainnya bisa disimak langsung di id.berita.yahoo.com/kilasbalik

Sebagai informasi tambahan, dalam menyusun Yahoo! Year in Review, editor Yahoo! menganalisis pencarian di Yahoo! Search berdasarkan beberapa faktor termasuk jumlah absolut dan peningkatan dari periode sebelumnya untuk melihat tema dan tren mana yang timbul. Pengguna dan pencarian di Yahoo akan tetap anonim.

2 Responses

  1. Bloggerwan says:

    Kalo syahrini sih maklum. Dia salah satu artis yang fenomenal dan sensasional juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *