FirefoxOS App DaysAda kabar gembira bagi para pelaku aktif dalam dunia teknologi informasi di Indonesia, khususnya para pengembang aplikasi. Indonesia terpilih sebagai salah satu dari enam negara di Asia yang akan menjadi tempat penyelenggaraan acara global “Firefox OS App Days” di awal tahun 2013.

Di Indonesia, “Firefox OS App Days” akan diadakan di Jakarta sehari penuh pada Senin, 21 Januari 2013 dengan mengambil tempat di Hotel Borobudur, Jakarta. “Pendaftaran peserta sudah kami buka sejak tanggal 27 Desember 2012 lalu dengan memprioritaskan pada peserta yang berasal dari kalangan pengembang aplikasi, desainer web, dan wiraswasta di bidang teknologi dan informasi,” kata Viking Karwur, Ketua Panitia “Firefox OS App Days – Jakarta”, via rilis pers.

Calon peserta dapat mendaftar melalui http://firefoxosappdays-jakarta.eventbrite.com/

Lebih lanjut, Viking mengatakan, “Mengingat terbatasnya tempat dan agar acara ini dapat berlangsung efektif dan interaktif, tim panitia akan melakukan penyaringan secara ketat terhadap pendaftar untuk menentukan siapa yang berhak mendapat undangan.”

“Firefox OS App Days” merupakan rangkaian acara App Days untuk merayakan kehadiran Firefox OS (sistem operasi mobile oleh Mozilla) yang akan diadakan secara global di lebih dari 25 lokasi di seluruh dunia (24 negara) dalam kurun waktu 19-26 Januari 2013. Di Asia, “Firefox OS App Days” diadakan di Indonesia, Filipina, India, China, Korea Selatan, dan Taiwan. Rangkaian acara ini dirancang dan dilaksanakan oleh staf Mozilla bekerja sama dengan Mozilla Reps dan komunitas Mozilla setempat.

“Di Indonesia, acara ini akan dikoordinasikan sepenuhnya oleh Komunitas Mozilla Indonesia (Mozilla Indonesia Community),” kata Viking yang juga menjabat sebagai Manajer Komunitas Mozilla Indonesia. Selain Indonesia, ada dua negara lain di Asia yang pelaksanaan acara Firefox OS App Days juga dipercayakan kepada komunitas Mozilla setempat. Yaitu, India dan Filipina.

Di samping untuk memperkenalkan Firefox OS dan Firefox Marketplace sebagai sistem operasi dan ekosistem alternatif dalam dunia mobile, tujuan penyelenggaraan acara ini adalah memotivasi dan memberikan kesempatan yang sebesar-besarnya kepada pengembang aplikasi berbasis HTML5 di Indonesia untuk memperkenalkan karyanya secara global.

Dalam acara tersebut akan hadir pembicara dari kantor pusat Mozilla yang akan memperkenalkan dan menjelaskan secara detail mengenai Firefox OS dan Firefox Marketplace, khususnya terkait dengan peluang besar yang terbuka lebar bagi para pengembang aplikasi Web di Indonesia.

“App Days bukan merupakan sebuah kompetisi. Ini merupakan kesempatan bagi para pengembang aplikasi mulai membuat aplikasi mobile untuk Firefox Marketplace dan ponsel Firefox OS yang segera hadir. Sebuah ajang yang memberikan kesempatan besar untuk memperkenalkan aplikasi Web yang telah Anda buat. Anda cukup datang dengan membawa laptop atau peranti pengembangan aplikasi Anda lainnya, selebihnya akan kami sediakan semuanya,“ kata Viking.