Bisa jadi salah satu album musik yang paling ditunggu tahun ini adalah album kelima dari Padi. Selain karena sudah tidak mengeluarkan album, juga karena pihak Padi sendiri tidak mau banyak bicara soal album kelima itu sendiri. Kebetulan Benny Chandra dari Sembarang.com berkesempatan ngobrol dengan Satriyo Yudi Wahono alias Piyu saat gitaris sekaligus konseptor Padi itu hadir di sebuah acara talkshow musik di Surabaya belum lama ini.

Yang mengejutkan, dalam acara itu Piyu sempat tampil di atas panggung dengan menyanyikan dua buah tembang milik Padi. Iya, bernyanyi! Yang pertama adalah Tak Hanya Diam, sedangkan lagu selanjutnya merupakan bocoran lagu baru dari album kelima yang judulnya masih dirahasiakan itu. Berikut ini petikan obrolan yang berlangsung di tengah riuhnya acara tersebut.

Piyu

Sudah berapa kali dapat pertanyaan soal kapan album baru keluar?
Sudah 120 kali kayaknya… [tersenyum] Tapi ya… aku melihat bahwa musik itu sebuah proses ya… Aku sendiri secara pribadi bikin lagu itu pakai soul. Aku gak bisa (disuruh) besok bikin lagu dong! Jadi, aku bikin album kalau aku memang ingin bikin album gitu. Gak bisa ditarget. Walaupun ditarget, tetap aja gak bisa kena gitu lho. Ya udah. Tapi akhir bulan inilah kita bisa selesaikan.

Sudah berapa persen?
Sudah 80 persen.

Kalau yang kapan hari katanya tertunda itu bagaimana?
Iya, itu kan yang album nasionalis. Itu akhirnya gak kita keluarin.

Jadi yang sekarang ini materi baru semua?
Iya, materi baru.

Mengikuti tradisinya Padi, bakal ada lagu berjudul Padi gak di album baru ini nanti?
Oh, itu rahasia. Rahasia. Bisa macam-macam, soalnya harus diperhatikan bahwa album keempat itu sebenarnya judulnya bukan Padi, kan self-titled. Terus, cuma ada cover putih yang ada tulisannya Padi. Itu bisa berarti self-titled. Tulisan Padi-nya berwarna pelangi. Orang bisa mikir, oh… albumnya namanya Pelangi. Atau mungkin karena dominasi warna putih, orang bisa bilang itu album Putih. Jadi, tergantung persepsi orang. Nanti begitu keluar ternyata.. oh ini judulnya. Begitu.

Jadi, sebenarnya album itu judulnya apa sih?
Aku sih ngelihatnya Padi aja. Eh, gak. Gak, maksudku self-titled aja. Jadi, ada kemungkinan lain.

Belum tentu juga ada lagu judulnya Padi?
Belum, belum. Bisa jadi iya, bisa jadi gak.

Tadi yang dibawakan itu judulnya apa?
Itu bocoran dari album baru. Judulnya “Harmony”.

Itu bakal jadi lagu andalan?
Salah satunya, iya.

Apakah lagu itu yang bakal kamu nyanyikan di album baru?
Lihat saja nanti deh. Rahasia!

Wah, ini sengaja main rahasia-rahasiaan atau ada suatu kejutan?
Aku pengennya tiap kali kita ngeluarin album selalu ada kejutannya. Kayak album ketiga, musik kita berubah. Album keempat, kita punya kejutan dengan cover tanpa nama seperti itu. Nanti di album kelima juga ada kejutan-kejutannya.

Tapi konsepnya tetap dari kamu kan?
Iya, 80 persen lagu saya. Sisanya ada dari Fadly, dari Rindra juga ada.

Ada keterlibatan musisi lain di luar Padi?
Gak ada kayaknya. Album ini benar-benar kita full.

Piyu

Selama belum keluarin album baru, masing-masing personil punya kerjaan lain?
Aku selalu menyampaikan ke teman-teman lain agar setiap musisi harus progress dan develop. Mengembangkan skill dan ide-idenya. Misalnya, biasanya main gitar aja, sekarang coba belajar main piano. Atau biasa nulis lagu, sekarang nulis soundtrack film. Dan itu sudah saya contohkan. Kayak kemarin kan saya garap scoring soundtrack film. Terus terang aja, kerjaan saya di luar Padi juga banyak karena saya selalu develop berbagai macam.

Setelah memproduseri Drive kemarin, bakal ada grup lain yang diproduseri juga?
Ada, harus ada. Karena aku harus menyiapkan regenerasi untuk Padi selanjutnya.

Memproduseri album grup lain gak masalah ya?
Iya, gak masalah karena saya punya publishing sendiri, namanya Upbeat publishing. Upbeat ngurusi lagu-lagu saya, Tompi, dan lain-lain.

Termasuk lagu-lagunya Padi?
Gak, lagu-lagunya Padi masih di Sony BMG.

Nanti bakalan pindah?
Doain aja. Aku pinginnya gitu. Masih tiga album lagi.

Kembali soal album baru. Tadi katanya kamu kan bakal nyanyi di album baru. Ada lagu yang duet sama Fadly?
Mungkin ada. Tapi terus terang aja di album ini kita mengerjakannya sendiri. Kita lebih konsentrasi bagaimana kita memaksimalkan punya kita sendiri. Jadi, kalau gak perlu additional player ya gak usah additional player.

Bakal lebih banyak menggunakan bantuan teknologi?
Iya, lebih ke arah situ. Jadi, kita memaksimalkan apa yang kita punya.

Musiknya Padi bakal lebih berbau elektronik dong…
Gak, malah lebih tradisional. Analog.

Setelah album keluar bakal langsung tur?
Kayaknya saya gak mau tur dulu. Saya ingin konsentrasi atau fokus dulu di pengenalan album ini lebih matang lagi. Dari segi pengemasan image, pengemasan promosi… Karena dengan dua album terakhir itu selalu begitu keluar album langsung tur. Orang mikirnya habis keluar album kok menghilang…