I love you, Indonesia!” ujar Stevie Wonder sebelum menghilang di balik panggung saat tampil di Jakarta International Djarum Super Mild Java Jazz Festival 2012 yang berlokasi di D1 Hall, JIExpo, Jakarta menjelang tengah malam kemarin (4/3).

Tapi tidak lama kemudian penyanyi legendaris pemenang 22 piala Grammy itu kembali ke atas panggung untuk memenuhi permintaan encore dari penonton. Konser akhirnya ditutup dengan “La La La La La” yang dinyanyikan Stevie bareng ribuan penonton yang memadati ruangan itu.

Penonton yang awalnya sempat menanti selama hampir dua jam sebelum konser dimulai, tampak beranjak pulang dengan wajah yang puas.

Penampilan sekitar dua jam dari Stevie Wonder tersebut sekaligus mengakhiri rangkaian pertunjukan festival yang lebih dikenal dengan nama Java Jazz Festival (JJF) 2012 itu yang berlangsung selama tiga hari, 2-4 Maret 2012.

Di hari terakhir JJF 2012, selain Stevie Wonder, sebelumnya juga ada beberapa special show dari Pat Metheny dan Al Jarreau & George Duke Trio.

Meskipun diwarnai dengan hujan di lokasi pertunjukan, para penonton tetap memadati pertunjukan sejumlah nama lain seperti Bobby McFerrin, Swing Out Sister, Dave Koz, dan Phil Perry.

PHOTO: Benny Chandra.