Ada kabar bagus bagi pecinta musik klasik. Sebagai salah satu acara dari rangkaian perayaan ulang tahun ke-25 Radio Suara Surabaya, bersama dengan Diapason Music Studio dan CCCL bakal diadakan Kompetisi Piano Chopin pada 29 – 30 Maret 2008 mulai pk. 10.00 di Pusat Kebudayaan Prancis (CCCL), Surabaya. Demikian menurut press release dari CCCL.

Kompetisi musik klasik karya komponis Frédéric Chopin ini terinspirasi dari kompetisi prestisius di Warsawa, Polandia, negeri asal komponis ternama yang berwarganegara Prancis ini. Pesertanya berjumlah 80 peserta yang berasal dari berbagai daerah, yaitu Semarang, Bandung, Jakarta, Bali, dan Surabaya. Para peserta dibagi menjadi 4 kategori yaitu Junior, Elementary, Intermediate dan Advance. Penilaian akan dilakukan oleh 2 juri yaitu Thomas Tobing, pianis Slovenia yang saat ini bertempat tinggal di Prancis, dan Yim Kam Ling, pianis dari Malaysia. Mereka berdua telah mengenal piano sejak masih kanak-kanak dan telah melawat ke 5 benua untuk menyempurnakan ilmu mereka di bidang musik.

Selain mengadakan kompetisi piano, untuk meningkatkan apresiasi musik klasik juga digelar workshop bagi para guru musik dengan tema “Style and Interpretation in Romantic Music” pada Kamis, 27 Maret 2008 pk. 09.00 – 15.00 di CCCL dengan pembicara Yim Kam Ling. Thomas Tobing juga dijadwal akan memberi masterclass pada tanggal 2 -3 April 2008 di Diapason Music Studio.

Sebagai puncak dari rangkaian acara tersebut akan digelar Resital Piano persembahan Thomas Tobing pada Selasa, 1 April 2008 di Ballroom Novotel Surabaya Hotel pk. 19.00.

Info lebih lanjut, silakan hubungi Diapason Music Studio, Jl. Margorejo Indah D-319, Surabaya, telepon (031) 8495828.