Ajang pencarian bakat “SMUSIK Band Combat 2007” yang diselenggarakan tahun lalu oleh Astro Xpresi, saluran remaja milik TV berlangganan Astro, kini memasuki babak baru. Enam dari sembilan grand finalist telah masuk dapur rekaman bersama lagu ciptaan mereka yang akan dimuat dalam album kompilasi bertajuk “Kompilasi Smusik Band Combat”.

Keenam grup band yang beruntung itu adalah Spitzer (SMAN 1 Cirebon), Super Banana Launcher (SMAN 9 Surabaya), Unlimited (SMA Stella Maris Surabaya), Electric Nation (SMA Muhammadiyah III Surabaya), Rope & Blues (SMAN 46 Jakarta), dan Jons & Jeni’s (SMAN 24 Bandung). Sementara itu tiga grand finalist lainnya, yaitu Moving Blue (SMAN 3 Bandung), Reelax (SMAN 2 Bandung), dan Cookies and Cream (SMA Jubilee Jakarta) sayangnya tidak dapat mengikuti proses rekaman karena kesibukan sekolah yang tidak dapat ditinggalkan.

“Kami berharap buah karya grand finalis SMUSIK Band Combat 2007 ini dapat diterima masyarakat sekaligus memperkaya khasanah musik Indonesia. Album ini juga merupakan persembahan kami dalam mendukung munculnya bakat-bakat baru dalam dunia musik Indonesia.” ujar Dewi Fadjar, Direktur Programming Astro, dalam press release-nya.

Lebih lanjut, Dewi mengatakan, “Melihat animo yang sangat baik kami akan melanjutkan ajang pencarian bakat ini di ajang SMUSIK 2 yang akan kami gelar lagi di tahun 2008 ini.”

Sementara Andi Bayou, produser dan penata musik pada penggarapan album ini mengaku kagum terhadap performa keenam grup band tersebut. “Sebagai produser dan music director, awalnya saya sempat pesimis dengan kemampuan keenam finalis. Akan tetapi, setelah proses rekaman berjalan, saya justru kaget sekaligus bangga karena kemampuan dan musikalitas anak-anak SMA sekarang yang sudah sangat maju. Walaupun masih mentah serta perlu perombakan dan penambahan di sana-sini, aransemen lagu mereka rata-rata sudah bagus. Ditambah jam terbang, saya yakin mereka akan siap berkiprah di dunia musik tanah air,” ujar Andi.

Proses rekamannya sendiri berlangsung selama satu bulan penuh, mulai 3 Februari hingga 3 Maret 2008, di studio milik Andi Bayou yang berada di kawasan Jombang – Ciputat, Tangerang Banten.

Adapun isi albumnya terdiri dari sembilan lagu milik keenam grup band yang, yakni Andromeda (Kekasih Terlarang), Tanpamu Ku Bertahan, dan Maafkanlah yang diusung oleh Juara I SMUSIK band Combat 2007, Spitzer (SMAN 1 Cirebon) ditambah dengan enam lagu lainnya 8 September dan Teman Sialan oleh Super Banana Launcher, Bidadari Dalam Mimpi (Rope n Blues), Enjoy This Silent (Jon’s n Jeni’s), Silence (Electric Nation), dan Mengapa? (Unlimited).

Album bertajuk “Kompilasi Smusik Band Combat” ini akan dirilis secara resmi pada Mei 2008 mendatang. Diharapkan satu bulan sebelumnya sudah mulai beredar di pasaran melalui distribusi Warner Music Indonesia. Untuk tahap pertama album ini dicetak 2000 copy dalam bentuk CD dan 5000 copy dalam bentuk pita kaset.

Sumber: Astro Press Release