Urusan nama domain kadang bikin masalah tersendiri jika tidak dikelola dengan baik atau karena bertemu dengan penjual domain yang bermasalah. Salah satu yang sempat mendapat masalah seputar nama domain adalah Dewi Lestari atau Dee, penulis buku serial Supernova.

Domain Truedee Books yang biasanya selalu tercantum dalam buku karangan Dee ternyata jatuh ke tangan pihak lain yang tidak berhak. Saat ini, ketika domain truedee.net itu dikunjungi, isinya hanyalah berupa iklan-iklan saja. Begitu juga dengan domain truedee.com. Asal tahu saja, untuk truedee.net, data kepemilikannya sekarang atas nama Caribbean Online International Ltd.

“Iya, domain itu diambil orang lain. Dulu dua-duanya diurus orang lain terus ada masalah,” ujar Dee ketika tadi dihubungi Sembarang.com via ponsel.

Untunglah Dee sudah menyiapkan penggantinya. “Saya sudah beli dewilestari.com. Belinya lewat Yahoo! (Domain),” kata istri Marcell Siahaan itu soal domainnya yang dibeli sejak Maret 2006 lalu.

Kapan launching? Mau diisi apa? Blog? “Masih belum tahu. Sekarang masih rapat-rapat untuk membicarakan soal itu,” jawab sarjana politik yang sedang menyiapkan lanjutan serial Supernova tersebut.

Oke deh. Semoga domainnya gak bermasalah lagi ya meskipun tempat daftar domainnya terakhir -Yahoo! Domain- hanyalah berstatus reseller dari Melbourne IT, bukan registrar resmi ICANN.