Sitta Karina

Genre novel sekarang emang macam-macam. Ada chicklit, ada pula teenlit. Nampaknya masing-masing punya pengusung dan pengemar sendiri. Sitta Karina, misalnya. Pengarang novel seperti Lukisan Hujan, Kencana, dan Imaji Terindah itu memilih teenlit sebagai genre novel yang ditulisnya. Apa sih teenlit itu? Bedanya dengan chicklit?

“Sebelumnya, tolong dikoreksi kalo salah ya. Menurut saya, teenlit itu kisah seputar remaja, mengenai kisah percintaannya, romantisnya, kehidupannya, khayalannya, impiannya dan lingkup remaja ini sendiri dari anak SMP sampai dengan anak kuliahan. Sedangkan chicklit, seperti yang kebanyakan ditulis, kebanyakan kisahnya berada di lingkup kisah seseorang yang telah lebih dewasa, berkarir, kehidupan setelah bangku kuliah,” kata Sitta Karina kepada Marten dari Sembarang.com yang menemuinya usai acara peluncuran buku terbarunya, Magical Seira #1: Seira and The Legend of Madriva, di Aksara Bookstore, Jakarta pada Jum’at kemarin (23 September 2005).

“(Meskipun) genre novel-novel saya sebenarnya adalah teenlit, namun saya menawarkan sesuatu yang agak berbeda. Karena novel-novel saya ini berupa fantasy novel yang kisahnya dalam lingkup remaja,” sambung cewek yang akrab dengan panggilan Arie itu.

Hal itulah juga yang coba ditawarkan olehnya dalam novel terbarunya tadi. Bedanya, kali ini dibikin model serial. Jadi, setelah Magical Seira #1: Seira and The Legend of Madriva bakal ada lanjutannya. “Kalau dibuat dalam 1 buku tentunya tidak menarik. Karena total halaman semuanya sekitar 1000an halaman. Bayangin aja kalau 1000 halaman dimasukin dalam sebuah novel,” ujar Arie yang sebelumnya pernah ditolak oleh empat penerbit.

Acara launching-nya sendiri berlangsung cukup meriah dengan dihadiri sekitar 30 penggemarnya. Bahkan ada yang bela-belain datang dari Semarang untuk ikut acara yang dimulai sekitar pukul 5 sore itu. Di samping sesi tanya jawab, ada juga games berhadiah 6 novel terbarunya Arie.

Sore itu, selain novel baru, Ari meluncurkan website resminya yang beralamat di www.sittakarina.com. Plok plok plok! Sukses ya Sitta eh Arie. Selamat melanjutkan berfantasi!