Harta Karun di Balik Naskah Deklarasi Kemerdekaan

Judul: National Treasure.
Sutradara: Jon Turteltaub.
Pemain Utama: Nicolas Cage, Diane Kruger, Sean Bean, Jon Voight.
Produksi: Walt Disney Pictures, 2004.

[rate 4.0]

National Treasure

Masih ingat dengan hebohnya kabar soal adanya harta karun berbentuk dana revolusi bernilai sangat besar warisan pendiri negara RI? Kebayang tidak seandainya kabar yang sempat tersiar sekitar pertengahan tahun ini tersebut difilmkan? Sepertinya seru juga. Kebetulan film “National Treasure” mengusung masalah harta karun negara menjadi tema utama! Apakah harta karun negara yang dimaksud dalam film yang diproduseri oleh Jerry Bruckheimer (“The Rock“, Armageddon“) adalah dana revolusi (yang katanya) milik negara tercinta kita? Ah, tentu saja tidak! Tidak perlulah berkhayal sedemikian jauh!

Sudah tentu harta karun yang diburu dalam film “National Treausure” ini tidak lain dan tidak bukan adalah peninggalan para pendahulu (Founding Fathers) dari negara Amerika Serikat! Lebih tepatnya lagi, peninggalan para sesepuh dari kelompok Freemasons yang menyembunyikan harta karun tersebut agar tidak ditemukan oleh pasukan Inggris saat menjajah Amerika Serikat pada zaman itu. Agar di kemudian hari dapat ditemukan oleh generasi penerus, mereka meninggalkan sejumlah kode yang dapat mengungkap rahasia lokasi tempat penyembunyian harta karun bernilai milyaran dollar US tersebut.

Adalah Benjamin Franklin Gates (Nicolas Cage) yang merupakan generasi ke-3 dari sebuah keluarga pemburu harta karun. Dari kecil hingga tumbuh dewasa dia sangat terobsesi untuk menemukan peninggalan bernilai sangat tinggi itu. Meskipun bapaknya, Patrick Gates (Jon Voight), menyepelekannya, ia tetap bersemangat. Hingga suatu saat, ia menemukan petunjuk di sebuah bangkai kapal yang tertimbun di bawah kutub es yang mengarahkannya ke naskah asli Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat!

Nah, minta ijin secara resmi kepada badan pengelola museum di mana naskah itu disimpan tetapi karena hanya diremehkan oleh Kepala Museum, Abigail Chase (Diane Kruger) akhirnya Gates memutuskan untuk mencurinya sebelum jatuh ke tangan mantan rekan kerjanya yang juga mengincar harta karun tersebut. Sebelumnya, Gates juga sudah memberitahu FBI namun tidak digubris.

Tentu membuat penasaran, apakah si Gates berhasil menemukan lokasi rahasia dari harta karun itu atau tidak. Namun sebenarnya yang lebih menarik dari film ini adalah menikmati proses perburuannya. Suatu ide bagus untuk mengenalkan naskah Deklarasi Kemerdekaan dan sejumlah tempat bersejarah di Amerika kepada penonton tanpa terjebak menjadi sebuah film sejarah yang membosankan! Kemasan yang menarik (meskipun pada beberapa adegan mengingatkan kita dengan film Indiana Jones)! Apalagi semua itu masih didukung oleh akting Cage yang bermain bagus dalam film ini. Bahkan mengungguli permainan dari Voight dan Kruger yang terkesan tampil kurang maksimal. Nampaknya Voight lebih cocok bermain sebagai toko antagonis seperti di film Mission Impossible 😈

Overall, untuk semua itu, film ini pantas kiranya diberi nilai 4/5.

1 Response

  1. Mc Attack says:

    ya film nya bagus sekali.. sekuelnya juga keren…!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *