Kemenkominfo dan AIC Gelar Seminar Internet Sehat dan Aman

Feb 07 2012 | Events, Press Release, Tech | Ben

Untuk membangun lingkungan online yang lebih aman dan berkomitmen untuk keamanan online, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Asia Internet Coalition (AIC) bekerja sama untuk menyelenggarakan Seminar Internet Sehat dan Aman pada Senin, 6 Februari, 2012 di Pullman Hotel Jakarta.

Acara ini merupakan inisiatif pertama pemerintah Indonesia dengan perusahaan besar internet seperti eBay, Google, Skype dan Yahoo! untuk saling berkolaborasi dan berbagi praktik terbaik dalam industri online dan membantu membangun lingkungan online yang lebih aman. Demikian menurut isi rilis pers yang diterima Sembarang.com.

Saat ini, Indonesia memiliki hampir 45 juta pengguna Internet, penetrasi komputer dalam rumah tangga tumbuh pada tingkat pertumbuhan 25,8% per tahun dan merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan jumlah pengguna baru Internet yang tercepat di dunia. Oleh karena itu, kebutuhan untuk sumber daya online dan cara penggunaan teknologi online yang aman adalah sebuah keharusan.

Kegiatan ini sejalan dengan Gerakan Masyarakat Internet Sehat Aman (GEMA INSAN) yang dideklarasikan pada Rakornas Kementerian Kominfo pada 25 Oktober 2010 lalu. Gerakan ini juga berfungsi sebagai pembentuk karakter bangsa perlu diimbangi dengan upaya peningkatan kuantitas konten yang berkualitas, peningkatan etika berinternet yang sehat dalam meminimalisir dampak negatif.

“Kami menghargai kolaborasi antara Asia Internet Coalition dengan pemerintah Indonesia dalam hal keamanan online. Kami senang melihat inisiatif seperti ini yang meningkatkan kesadaran dan membangun keamanan online dunia untuk pengguna internet di Indonesia,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring dalam sambutan acara tersebut.

“AIC telah menetapkan tujuan utamanya untuk mempromosikan keamanan dan penggunaan online yang bertanggung jawab di kalangan anak-anak dan remaja secara global. Melalui acara Seminar Internet Sehat dan Aman ini, anggota AIC bergabung untuk mencapai tujuan mereka dalam mendorong orang tua, guru dan masyarakat guna mempengaruhi dan mendidik anak-anak mengenai bagaimana cara aman saat online,” kata Executive Director AIC, John Ure.

Para anggota AIC bekerja dengan rekan-rekan sesama industri, pemimpin pendidikan, kelompok keselamatan anak-anak dan aparat penegak hukum untuk mencari cara-cara baru guna melindungi anak-anak di saat online dan menciptakan lingkungan yang ramah anak-anak bagi para pengguna internet baru.

Peluncuran acara ini sejalan dengan komitmen AIC untuk memastikan bahwa pengawasan anak-anak dan orang dewasa sudah dilengkapi dengan perangkat yang tepat untuk menavigasi Internet dan menggunakannya dengan cara yang positif.

FOTO: ISTIMEWA.

Tags:

Leave a Reply

*

*