Ini Soal Marcus Wright, bukan John Connor

Setelah Terminator 3: Rise of the Machines di tahun 2003, rupanya butuh waktu cukup lama untuk memunculkan seri terbaru Terminator ke pasaran.

Sekilas, agak membingungkan kalau harus menentukan apakah Terminator Salvation ini adalah sekuel atau prekuel. Memang, berbeda dengan tiga film sebelumnya, sebagian besar adegan dalam seri Terminator kali ini berlatar suasana masa depan. Namun di sisi lain, film ini juga memunculkan versi remaja dari Kyle Reese (Anton Yelchin), yang notabene adalah calon bokapnya John Connor (Christian Bale) di The Terminator (1994).

Bagi yang sudah agak lupa dengan cerita di film-film Terminator sebelumnya, khususnya The Terminator, akan lebih bingung lagi. Apalagi tidak ada cuplikan adegan-adegan dari film terdahulu sebagai pengingat.

Sudah begitu, ternyata yang lebih menonjol dalam cerita kali ini adalah sosok manusia terminator bernama Marcus Wright (Sam Worthington). Kemunculannya sudah dimulai sejak awal hingga akhir film. John, Kyle, dan bahkan sosok Terminator dari seri pertama yang muncul belakangan di film ini seperti hanya sebagai pelengkap cerita saja.

Markus sendiri sebenarnya adalah terpidana mati di tahun 2003 yang dibujuk dr. Serena (Helena Bonham Carter) agar mau menyumbangkan tubuhnya untuk penelitian medis setelah dihukum mati. Belakangan ternyata tubuhnya jatuh ke pihak Skynet.

Di tahun 2018 di mana dunia sudah porak-poranda gara-gara Skynet, setelah 15 tahun ‘tertidur’ tiba-tiba Markus hidup lagi dan muncul dari puing sebuah markas Skynet yang meledak karena serangan bom.

Tidak sengaja, Markus bertemu dengan Kyle dan teman kecilnya, Star (Jadagrace Berry). Dalam perjalanan untuk bertemu dengan John Connor, mereka diserang para terminator yang berhasil menangkap Resee dan Star untuk dibawa ke markas utama Skynet. Sementara Markus yang lolos kemudian berpapasan dengan pilot cewek cantik bernama Blair Williams (Moon Bloodgood) yang pesawatnya ditembak jatuh oleh pihak Skynet. Kebetulan Blair adalah salah seorang anak buahnya John.

Kejutan besar terjadi ketika Markus terkena ranjau darat magnetik di depan markasnya John. Terkuak sebuah fakta yang tidak hanya mengagetkan John dan rekan-rekannya tapi juga Markus sendiri. Ternyata ia adalah seorang terminator versi baru yang berbadan manusia. Bahkan istimewanya, jantungnya masih ada.

Setelah sempat dicurigai sebagai mata-mata, akhirnya Markus menjadi pembuka jalan bagi John masuk ke markas Skynet untuk menyelamatkan Kyle. Pada akhirnya Markus juga yang membantu John yang kewalahan menghadapi serangan dari para terminator.

Rupanya tidak cukup sampai di situ untuk memperlihatkan betapa besarnya dominasi Markus. John Connor yang terkena tusukan dari musuh hingga menembus jantungnya berada dalam kondisi kritis. Langsung bisa ditebak dong siapa yang jadi pahlawan rela berkorban demi nusa dan bangsa memberikan jantungnya? :p

Boleh saja sosok Markus begitu dominan, tapi jangan lupakansetting dan berbagai adegan pertempuran seru di film garapan McG ini. Itulah yang lebih menarik untuk dinikmati sebagai hiburan. Apalagi kali ini terminator tampil dalam berbagai versi. Tidak hanya robot dan manusia saja tapi juga ada terminator berbentuk helikopter, pesawat, dan bahkan motor. Jadinya seperti sebagai pemanasan untuk film Transformers 2… he he he 🙂

[rate 3.5]

1 Response

  1. kim uus says:

    hai, leh knal ga nich???? 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *