Dalam seminggu ini, warga net Indonesia dihebohkan dan dikejutkan oleh aktivitas grup musik Cokelat lewat akun media sosialnya. Dimulai dari tanggal 13 Agustus 2022 lalu, grup musik yang melejitkan lagu-lagu macam “Karma” dan “Luka Lama” itu mengunggah sebuah potongan video bernuansa misterius, yang memperlihatkan satu persatu alat musik dan pendukungnya yang siap digunakan. Kemudian disusul unggahan video pendek lain pada tanggal 15 Agustus yang hanya menampilkan tiga sosok personelnya, yaitu Edwin (gitar), Ronny (bas), dan Ernest (gitar). Lalu, vokalis dan drumernya?

Pertanyaan itu terjawab pada kiriman di tanggal 17 Agustus 2022, dengan memperlihatkan secara lengkap lima personel Cokelat. Selain tiga sosok di video sebelumnya, sekarang ada juga dua muka personel lama yang sempat keluar dari Cokelat sekitar 12 tahun lalu. Keduanya adalah Ervin (drum) dan Kikan (vokal). Ervin dan Kikan bergabung lagi?!

cokelat

Seakan ingin menepis keraguan orang-orang seputar kehadiran dua personel lama di video yang diunggah pada hari Proklamasi RI itu, keesokan harinya grup musik Cokelat memastikannya dengan mengunggah foto bersama kelima personelnya yang sekarang, dengan Kikan dan Ervin tentunya. Pada takarir atau caption, mereka menulis kata-kata berikut ini:

Karena terkadang, perlu 12 tahun untuk memahami bahwa keselarasan resonansi adalah sebuah kemewahan.
Rasa-rasanya, cukup sudah melanglang buana bereksplorasi.
Semoga, saat ini adalah waktu yang tepat untuk pulang.
Indonesia, kami kembali.

Ya, setelah 12 tahun berpisah, sekarang resmi sudah Kikan dan Ervin kembali bergabung dengan Edwin, Ronny, dan Ernest. Sebuah formasi yang disebut-sebut sebagai formasi terbaik grup musik Cokelat.

Mungkin sebagai penuntas semua kehebohan kembalinya dua personel lamanya, hari ini Cokelat mengunggah klip video “Bendera” versi #cokelatkembali di kanal YouTube mereka.

Selamat beraksi kembali!

FOTO: DOK. COKELAT