“Milenial” menjadi kata dalam bahasa Indonesia paling populer sepanjang tahun 2019. Demikian hasil penelitian Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

milenial-kemendikbud

“Kami menetapkan kata milenial dengan kuantitatif. Yaitu, data statistik di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dan kualitatif dengan melihat rujukan dari media massa, bidang ilmu yang hampir sama semua merujuk kepada kata yang kita sebutkan tadi,” ujar Dadang Sunendar selaku Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud

Secara kuantitatif, kata “milenial” menjadi salah satu kata yang masuk ke dalam pencarian kata terpopuler sepanjang tahun 2019 dalam KBBI daring. Yaitu, sebanyak 19.834 pencarian. Selain kata milenial, terdapat 14 kata terfavorit lainnya dengan jumlah pencarian tertinggi, yaitu kerja sama, praktik, analisis, risiko, memengaruhi, izin, aktivitas, survei, daring, zaman, praktik, hoaks, detail, dan sistem.

Pada sisi distribusi kata, milenial memiliki keluasan penggunaan di berbagai bidang kehidupan. Penggunaan paling terbanyak yaitu pada dunia jurnalistik. Hal ini dibuktikan dengan berbagai berita dalam media nasional sepanjang tahun 2019. Berbagai media nasional dimaksud, antara lain, Kompas, CNBC, CNN, Detik, Tempo, Liputan 6, Kontan, dan Media Indonesia.

Sedangkan untuk bidang akademik, terdapat karya ilmiah yang menggunakan kata milenial. Seperti, skripsi atau artikel jurnal ilmiah dari berbagai universitas. Di antaranya, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Sam Ratulangi, UIN Mataram, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, dan Institut Pertanian Bogor. Dalam dunia pemerintahan, kata milenial kerap digunakan pada laman pemerintahan dengan domain go.id di sepanjang tahun 2019, yaitu Kemenkominfo, Bank Indonesia, Kementerian BUMN, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, dan Komisi Penyiaran Indonesia.

Sektor swasta pun turut menggunakan kata milenial yang mencakup bidang properti, keuangan, perbankan, kesehatan, asuransi, dan perdagangan barang konsumsi. Pada bidang pengetahuan, kata milenial sangat populer digunakan, seperti pada bidang kedokteran, matematika, teknologi informasi, sosial politik, dan desain, baik dalam publikasi ilmiah maupun artikel blog atau berita. Dilihat dari wilayah, secara umum, kata milenial digunakan di seluruh wilayah provinsi di Indonesia dengan pengguna terbanyak di wilayah Depok, Yogyakarta, Banjarmasin, Malang, dan Padang.

SUMBER & FOTO: KEMENDIKBUD