Pertama Kali, Dua Kreator Konten Indonesia Raih Diamond Award YouTube

Untuk pertama kalinya, dua konten kreator (atau biasa juga disebut YouTuber) independen dari Indonesia meraih penghargaan Diamond Award dari YouTube karena kanal mereka telah mencapai 10 juta pelanggan. Kedua kreator konten tersebut adalah Atta Halilintar dan Ria Ricis.

Ria dan Atta

Seperti dikutip dari blog Google di Indonesia, Atta Halilintar mengawali kanal YouTube-nya pada tahun 2014 dengan menghadirkan berbagai konten seputar travel.

“Perjalanan untuk meraih ini tidaklah instan. Butuh kerja keras, disiplin, dan konsistensi. Prestasi ini meyakinkan saya bahwa melalui YouTube saya dapat terus memberikan konten, menciptakan lapangan kerja maupun inisiatif lainnya yang dapat menginspirasi dan membawa berkah bagi orang banyak,” kata Atta.

Sementara Ria Ricis awalnya mengisi kanalnya dengan cerita seputar mainan favoritnya. “Saya harap akan lebih banyak lagi kreator wanita maupun kreator lainnya yang terus berbagi cerita dan memanfaatkan teknologi dan platform seperti YouTube untuk menyuarakan pendapat dan mencapai cita-cita mereka,” ujar Ria.

Rajant Meshram, YouTube Creator & Artist Development Manager untuk India & SEA, mengatakan bahwa ini merupakan peristiwa penting bagi seluruh ekosistem kreator YouTube di Indonesia dan Asia Tenggara. “Atta dan Ricis adalah salah satu bukti komunitas kreator YouTube terus berkembang di Indonesia. Terus mendorong perubahan, berbagi cerita dan pendapat, dan menemukan kesuksesan di YouTube,” kata Rajant.

Hingga saat ini, perkembangan YouTube di Indonesia maju pesat. Jumlah pemegang Gold Award makin bertambah. Sebanyak 85 kreator lokal sudah mencapai 1 juta pelanggan. Angka ini meningkat 17 kreator lebih banyak dari tahun lalu. Selain itu, lebih dari 1700 kanal telah meraih 100 ribu pelanggan. Ini meningkat dari hanya 680 kanal pada tahun lalu. Oh ya, setiap minggunya ternyata ada 3 kanal berhasil melewati angka 100 ribu pelanggan. Keren!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*