Kini BBM Voice dan BBM Channels Hadir di Android dan iPhone

Pengguna BBM di ponsel Android dan iPhone sekarang bisa melakukan panggilan suara (voice calls) ke kontak BBM melalui Wi-Fi atau koneksi data dengan BBM Voice dan akses ke BBM Channels. Selain itu, pengguna BBM di Android, iPhone dan BlackBerry juga akan memiliki banyak fitur seperti berbagi cepat dengan satu-klik (fast one-click sharing) foto, dokumen, pesan suara (voice notes), dan lain-lain. Didukung oleh Glympse, pengguna BBM juga dapat berbagi lokasi mereka dan akan mendapat 100 emoticon terbaru untuk mengekspresikan diri.

“BBM terus menyajikan fungsi baru sebagai platform pesan (messaging) premier dengan menyediakan cara mudah dan efektif untuk tetap terhubung. Pengumuman hari ini memberikan pengguna Android dan iPhone pengalaman lengkap menggunakan BBM Voice dan BBM Channels – dua cara menyenangkan untuk terhubung dengan teman, keluarga dan kolega, membuat komunitas dengan minat yang sama, serta mengikuti orang-orang dan merek favorit mereka,” ungkap John Sims, President, Global Enterprise Solutions BlackBerry, lewat rilis pers. “BBM terus mengembangkan diri dengan cepat sebagai social mobile platform bagi pelanggan pribadi maupun bisnis melalui fitur-fitur inovatif dengan memberikan cara baru yang luar biasa untuk selalu terhubung dan berbagi dengan satu dengan yang lain.”

BBM Channels memungkinkan pelanggan melakukan percakapan (chat) dengan pengguna BBM tentang hal-hal yang menarik untuk mereka. Pelanggan dapat bergabung dengan channel beragam topik. Mulai dari produk, hobi, olahraga, hiburan, fashion, mobil, dan masih banyak lagi. BBM Channels adalah cara yang tepat untuk berkomunikasi langsung dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama di komunitas BBM. BBM Channels dapat dibuat oleh merek, bisnis, dan pelanggan BBM lainnya.

Dengan mem-posting di channel, para pemilik channel dapat berdiskusi langsung dan bercakap-cakap dengan pelanggan mereka. Fitur “jadwal jam bercakap-cakap (scheduled chat hours)” membuat pelanggan BBM dapat berbicara langsung dengan pemilik channel. Cara yang tepat untuk terlibat langsung dengan channel favorit secara satu per satu (one-on-one).

BBM Channels senantiasa mempertahankan nilai utama BBM, yaitu kesegeraan (immediacy), privasi, dan kontrol. Karena BBM Channels ada di dalam BBM, pengguna BBM akan diberitahu ketika salah satu channel yang diikuti memiliki posting terbaru, atau pada saat ada yang menanggapi komentar mereka.

Dengan BBM Channels, pengguna dapat berinteraksi dengan merek atau pengguna lain tanpa harus menambahkan mereka ke daftar kontak, hal ini untuk mempertahankan tingkat privasi yang tinggi. Dengan BBM Channels, para pelanggan dapat memilih channel yang relevan dan memiliki kendali terhadap channel yang mereka ikuti, termasuk mengendalikan bagaimana berinteraksi di channel mereka.

Dengan berbagi lokasi (location sharing) yang didukung oleh Glympse, sekarang para pengguna dapat berbagi lokasi mereka ke satu atau beberapa kontak BBM secara langsung (real-time) – cocok bagi mereka yang telat, sedang berada di luar dengan teman dan masih banyak lagi. BBM memberikan kendali di tangan pengguna, mereka dapat menentukan berapa lama mereka ingin berbagi lokasi mereka sesuai waktu yang ditentukan. Jika waktu yang diatur selesai, maka lokasi pengguna kembali privat.

Perlu dicatat, Pengguna BBM dan kontaknya perlu memiliki BBM Voice, paket data serta akses Wi-Fi untuk membuat panggilan. Untuk data akan dikenakan biaya.

Versi terbaru BBM di BlackBerry (BBM v.10.3) akan tersedia di perangkat BlackBerry 10. BlackBerry OS5 ke atas akan terbarui namun tidak termasuk berbagi lokasi (location sharing) atau integrasi Dropbox.

1 Response

  1. Randy says:

    Buat windows phone belum ada juga yaaa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *