BlackBerry Innovation Center Gelar Dua Kompetisi untuk Kaum Muda Indonesia

BlackBerry Innovation Center bersama dengan Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) di Institut Teknologi Bandung (ITB) baru-baru ini mengumumkan pencarian nasional untuk kompetisi lanjutan perencanaan bisnis information and communication (ICT).

BlackBerryKompetisi ini mengundang para pemuda techno-preneurs dari seluruh Indonesia untuk memberikan solusi yang berbasis teknologi di sektor teknologi (ICT), energi, kesehatan, pertanian atau di bidang terkait lainnya. Kelima tim pemenang yaitu peringkat pertama dan empat runner-up akan menerima hadiah total sebesar Rp 150 juta.

“Visi kami adalah mendukung percepatan pertumbuhan industri aplikasimobile dan menciptakan lapangan pekerjaan baru dalam industri ini di Indonesia. Seperti kita ketahui, industri aplikasi mobile kini tengah berkembang, baik secara global maupun lokal, mengikuti perkembangan smartphone yang memerlukan banyak dukungan konten dan aplikasi. Untuk mewujudkan visi ini, kami melakukan berbagai inisiatif lokal di Indonesia. Seperti, menjaring banyak pengembang lokal dengan melakukan roadshow di berbagai kota di Indonesia untuk memberikan pelatihan dan berbagi pengetahuan tentang pengembangan aplikasi mobile, bekerja sama dengan perusahaan lokal di Indonesia agar mereka dapat go mobile untuk mempromosikan bisnis mereka melalui aplikasi mobile dan juga melalui berbagai kegiatan di BlackBerry Innovation Center,” kata Maspiyono Handoyo, Managing Director BlackBerry Indonesia, lewat rilis pers.

“Setelah pembukaan BlackBerry Innovation Center pada bulan Oktober 2012, kami berkomitmen untuk meneruskan pemeliharaan dan mempercepat pengembangan aplikasi mobile dari technopreneurs berbakat di Indonesia. Melalui kompetisi ini, kami berharap bisa membangun pondasi yang kuat untuk memobilisasi para pengusaha ICT agar dapat membantu pertumbuhan di sektor komputasi mobile,” ujar Maspiyono menambahkan.

Para peserta kompetisi ini didorong untuk mengirimkan informasi singkat mengenai bisnis mereka, termasuk: kesempatan yang mereka dapat, latar belakang, deskripsi perusahaan, deskripsi produk atau layanan, target pasar, teknologi yang digunakan, manajemen operasional, manajemen umum, analisis risiko dan perkiraan keuangan.

Kompetisi akan berlangsung dalam tiga ronde eliminasi. Di ronde ketiga yaitu ronde terakhir yang akan berlangsung pada bulan Mei 2013, sepuluh tim akan dipilih untuk mempresentasikan rencana bisnis mereka kepada juri di “9th e-Indonesia Initiatives Forum”.

BlackBerry Innovation Center juga mengumumkan “The National Innovation Competition on Smart Mobile Ecosystem”. Ini adalah kompetisi bagi para pelajar, individual atau tim, untuk bersaing dalam mengembangkan proposal penelitian dan pengembangan yang inovatif untuk aplikasi perangkat mobile yang bisa memberi dampak signifikan pada masyarakat. Pemenang 10 besar akan dipilih untuk memenangkan total USD 100,000.

Di bawah Program Akademik BlackBerry, yang menyediakan bahan materi dan konten untuk mendidik para pelajar dalam mengembangkan aplikasi mobile BlackBerry, BlackBerry Innovation Center di ITB didirikan untuk menyediakan sumber daya tambahan, dukungan, keahlian teknis, dan pengalaman praktis yang memperbolehkan para pelajar untuk mengembangkan keterampilan mereka serta mengejar karir di sektor komputasi mobile.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *