Pria, Faktor Naiknya Akses “Mobile Internet” di Indonesia

Ada temuan menarik dari sebuah penelitian mengenai kebiasaan penggunaan mobile Internet yang dilakukan sebagai bagian dari Yahoo! Net Index 2011. Dari peningkatan akses mobile Internet yang terjadi di sebagian besar pasar di Asia Tenggara, ternyata Indonesia berada di posisi teratas dengan pertumbuhan mengejutkan sebesar 160% dibandingkan kondisi pada 2009. Faktor pendorongnya? Pria. Demikian menurut rilis pers yang diterima Sembarang.com.

Pendorong pertumbuhan mobile Internet tersebut adalah generasi muda pria (15-24 tahun) yang memiliki akses ke perangkat berharga rendah, yang menyediakan beragam fungsi smartphone dengan harga telepon seluler biasa dan berperan sebagai katalis bagi perkembangan mobile Internet. Perangkat seluler tersebut -umumnya berharga di bawah USD200- hadir bersama paket data yang murah, fitur canggih, kemudahan akses ke web mobile serta beragam fitur multimedia.

Saat ini, Indonesia memiliki biaya bulanan untuk mobile Internet yang terendah (rata-rata USD12,5), posisi ini diikuti oleh Filipina (USD13,1), Malaysia (USD15), dan Vietnam (USD24).

“Dengan hanya 8% dari populasi di Indonesia yang menggunakan mobile Internet (20 juta), ada potensi besar yang belum tersentuh oleh Yahoo! untuk mendapatkan wawasan lebih mendalam melalui penelitian Yahoo! Net Index 2011. Yahoo! telah menjadi yang terdepan dalam mengetahui pola kebutuhan pasar dan telah menghadirkan layanan berbasis lokasi di Indonesia serta akan terus memanfaatkan berbagai peluang pasar dan menghadirkan produk serta layanan berbasis mobile,” ujar David Jeffs, Kepala Yahoo! Insights.

Lebih lanjut, penelitian Yahoo! Net Index 2011 menunjukkan bahwa Nokia (46%) merupakan merek yang dominan digunakan untuk mengakses Internet secara mobile, diikuti oleh BlackBerry (10%), dan pemain lokal Nexian (9%). Diharapkan, dengan pengembangan infrastruktur, peningkatan jumlah pengguna mobile Internet dan promosi paket data yang lebih menarik, harga paket data akan menurun sejalan dengan meningkatnya skala ekonomi bagi operator. Saat ini, IM3 masih menjadi penyedia layanan mobile dan smartphone yang paling populer bagi mereka yang mengakses Internet melalui perangkat mobile. Posisi selanjutnya ditempati oleh Simpati, XL, Tri, dan Axis.

Temuan dari penelitian Yahoo! Net Index 2011 itu juga menyatakan bahwa di Indonesia, perangkat mobile merupakan perangkat paling umum digunakan untuk mengakses jejaring sosial, kemudian diikuti dengan fungsi e-mail/IM dan pencarian. Saat ini, Yahoo! masih menjadi situs yang paling sering dikunjungi di ponsel dan properti online-nya menempati urutan pertama dalam e-mail, messenger, foto, berita, dan travel (comScore Media Metrix, APAC, Okt 2011).

Penelitian tahunan Yahoo! Net Index tersebut dilakukan bekerja sama dengan TNS, salah satu institusi penelitian pasar terdepan di dunia. Melalui pemahaman mengenai tren penggunaan Internet yang lebih mendalam serta bagaimana perkembangan ranah digital dan perilaku online masyarakat Indonesia, Yahoo! menjadi semakin mudah dalam menghadirkan pengalaman unik dan konten yang menarik bagi pengunjungnya. Hal ini pada akhirnya akan menciptakan kesempatan besar bagi para pengiklan untuk bisa terhubung dengan target mereka, baik secara konteks maupun skala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *