Apakah Anda termasuk pecinta film-film Perancis? Ada kabar gembira nih! Festival Sinema Perancis datang lagi. Kedutaan Perancis, di bawah Kantor Kebudayaan dan Kerjasama kembali menyajikan sederet film-film Perancis kelas dunia ke hadapan penonton Indonesia lewat Festival Sinema Perancis.

Menghadirkan 23 film dengan berbagai genre, kali ini Festival Sinema Perancis akan diselenggarakan pada 15 April – 10 Mei 2010 di Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Denpasar, dan Balikpapan.

“Tahun ini, kami menyelenggarakan malam spesial komedi dimana penonton bisa menikmati pengalaman sinema gaya komedi Perancis,” kata Fréderic Alliod, Atase Audio-visual Kedutaan Perancis dalam rilis persnya.

Pada malam spesial komedi yang akan diselenggarakan pada Jumat, 23 April 2010 mulai jam 19.30 WIB, empat film komedi yang diputar di dua bioskop (Studio XXI FX Plaza dan Blitzmegaplex Grand Indonesia, Jakarta) adalah Tellement proches (So Happy Family), Le Coach (The Life Coach), OSS 117 (OSS 117, Lost in Rio), dan Micmacs à tire-larigot (Micmacs).

Selain itu, masih ada film dengan genre lain. Mulai dari komedi keluarga (Le petit Nicolas/Little Nicolas, Les enfants de Timpelbach/Trouble in Timpeltill), animasi (La Reine Soleil / Princess of the Sun), drama komedi (Le concert / The concert), horor (Vertige / High Lane) dan drama yang telah meraih nominasi maupun penghargaan di sirkuit festival film internasional (L’heure d’été / Summer Hours, Faubourg 36 / Paris 36, La graine et le mulet / The secret of the grain, La France / France).

Di Jakarta, Festival Sinema Perancis akan diselenggarakan di Studio XXI FX Plaza dan Blitzmegaplex Grand Indonesia pada 17-25 April 2010. Penjualan tiket sebelum festival berlangsung akan dilaksanakan pada 12 – 16 April 2010 di CCF Salemba & Wijaya, Lycée Français – Cipete dan Enrique Indonesia – Jl. Kendal No. 3 Menteng. Sedangkan jadwal dan tempat penyelenggaraan Festival di berbagai kota lain adalah sebagai berikut:
21-22 April di Balikpapan (Studio 21)
1-2 Mei di Yogyakarta (Studio 21 Ambarukmo)
1-2 Mei di Bandung (Ciwalk XXI)
8-9 Mei di Surabaya (Sutos XXI)
8-10 Mei di Denpasar (Galeria 21)

Pembukaan Festival akan dilaksanakan pada 15 April di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail dengan film Le concert (The concert, memenangkan Best Music written for a film & Best Sound Awards di France César 2010. Penutupan akan dilaksanakan pada 25 April di Studio XXI FX dengan film Océans (Oceans). Pada acara penutupan, duta festival (Sandra Dewi dan Ario Bayu) akan mengumumkan penghargaan Film Favorit Penonton yang dipilih oleh penonton terbanyak selama Festival berlangsung melalui situs www.sinema-perancis.com.