Setelah menggelar konser di mana-mana, akhirnya Trisum siap merilis album pertama mereka. Rencananya, album berjudul 2006 itu akan di-launch akhir bulan November 2006 ini berbarengan dengan penampilan mereka dalam sebuah acara musik jazz di Jakarta.

trisum

Mastering-nya sudah selesai. Diharapkan tanggal 24 (November) ini semuanya sudah selesai karena saat itu kita main di JakJazz. Sebelum kita main, albumnya sudah dirilis. Ada 9 lagu, terdiri dari beberapa lagu tradisional dan beberapa lagu dari album masing-masing,” ungkap Dewa Budjana di Surabaya akhir pekan lalu.

Dari sederet tembang yang dimuat dalam album itu, hanya ada dua lagu baru. “Judulnya, Midnight at Ketapang dan October Rain. Bikinnya berdua sama Budjana di Ketapang jam 12 malam waktu ikut tur ngabuburit. Bikinnya benar-benar spontan. Balawan lagi di Bali, jadi jarang ketemu,” cerita Tohpati.

Yang menarik, proses rekaman yang dilakukan untuk sejumlah lagu dilakukan secara semi live. “Ada beberapa yang semi live, ada yang overdub. Tapi delapan puluh persen rekamannya one take, sekali main,” kata Tohpati lebih lanjut.

Yang tidak kalah menarik, nantinya dalam CD album milik tiga pendekar gitar itu akan disertakan bonus DVD The Making of yang isinya tentang proses pembuatan album tersebut. Mudah-mudahan DVD bonusnya bukan seperti DVD konser mereka kapan hari yang kualitas rekamannya mengecewakan itu.

“Dulu itu karena kita belum pengalaman. Itu ‘kan yang pertama. Sebelumnya di sini kan belum pernah ada DVD live. Kenapa gak VCD? Kalo DVD mungkin orang lebih malas membajaknya, ” kata Balawan mencoba memberi alasan.