Maskapai penerbangan Garuda Indonesia membuka kembali layanan penerbangan Medan–Singapura (pp) sebagai upaya memperluas jaringan penerbangan rute internasional, sekaligus mendorong pertumbuhan pariwisata lokal serta memenuhi kebutuhan para pengguna jasa bisnis, khususnya di wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya.

Peresmian rute penerbangan Medan–Singapura tersebut dilaksanakan secara bersama-sama oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya, Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo, dan Plt. Gubernur Sumatra Utara Tengku Erry Nuradi di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, pada hari Selasa (14/6) lalu, setelah sebelumnya diadakan acara peresmian rute tersebut di Singapura pada hari yang sama.

Penerbangan Medan–Singapura beroperasi setiap hari dengan menggunakan pesawat Boeing 737-800 NG yang berkapasitas 162 penumpang (150 kelas ekonomi dan 12 kelas eksekutif/bisnis).

Penerbangan Medan–Singapura dengan nomor penerbangan GA-850 berangkat dari Medan pukul 13.30 WIB, dan akan tiba di Singapura pada pukul 16.00 waktu setempat. Sementara untuk penerbangan Singapura–Medan bernomor penerbangan GA-851 berangkat dari Singapura pada pukul 11.15 waktu setempat dan dijadwalkan tiba di Medan pada pukul 11.45 WIB.

Penerbangan ke Singapura ini merupakan rute internasional kedua yang dilayani Garuda Indonesia dari Medan. Sebelumnya, pada Desember 2015 lalu, Garuda Indonesia membuka penerbangan dari Medan ke Jeddah.

FOTO: Garuda Indonesia.