Setelah 8 tahun dan 177 episode ‘berpraktik’ di Rumah Sakit Pendidikan Princeton-Plainsboro Teaching Hospital, akhirnya dr. Gregory House yang eksentrik harus mengucapkan selamat tinggal kepada penggemarnya, karena serial House M.D. kini memasuki musim terakhirnya. Demikian seperti tercantum dalam rilis persnya.

Musim sebelumnya berakhir dengan menggantung dan sangat menegangkan saat House (Hugh Laurie) meneroboskan mobilnya ke ruang tamu mantan pacarnya dr. Cuddy (Lisa Edelstein) sebelum melarikan diri.

Musim ini akan mengungkapkan bahwa Cuddy tewas dan House harus dipenjara. Namun, kisah musim ini akan melompat ke satu tahun setelah House dipenjara, kita akan melihat bagaimana kondisi House di penjara dan saat seorang napi menunjukkan gejala-gejala medis yang aneh, ia harus menemukan cara kreatif untuk mengobatinya sambil mengakali peraturan penjara yang ketat.

Tapi tidak lama kemudian, House diminta untuk kembali berpraktik di Princeton-Plainsboro. Semua orang di sana melanjutkan kehidupan mereka dan ada beberapa orang tokoh baru yang hadir di serial ini. Sementara, sosok Thirteen yang diperankan aktris Olivia Wilde, tidak banyak muncul dan akan digantikan dengan dokter muda yang tidak kalah menarik.

Penonton juga bisa melihat bagaimana kehidupan Foreman (Omar Epps) dan Chase (Jesse Spencer) berubah serta bagaimana Taub -yang di akhir musim lalu menghamili dua wanita- mengatasi persoalan pribadinya.

Selama 22 episode, penonton dapat menikmati untuk terakhir kalinya bagaimana House dan timnya memecahkan misteri-misteri medis yang unik serta menyelamatkan jiwa.

Hugh Laurie, yang selama 8 tahun memerankan sosok Dr. Gregory House yang telah mendiagnosa puluhan pasien yang menderita penyakit-penyakit aneh sambil terus mengejek para koleganya dan tetap ketagihan Vicodin untuk mengatasi nyeri kakinya yang kronis, mengaku bahwa ia sangat berat untuk berpisah dengan sosok House dan ia sangat sedih.

“Memang saya tidak pandai mengatasi momen perpisahaan, walau tidak pandai saat melakukan perjumpaan juga. Saya terlibat dalam serial ini sudah cukup lama dan ada lebih dari 300 orang yang telah terlibat dalam serial ini selama 8 tahun. Hal ini membuat saya sedih, dan merupakan momen sedih yang akan saya terus kenang.”

Namun, pria Inggris ini tidak bisa menyembunyikan kebanggaannya pada serial ini. “Serial ini telah menjadi sesuatu yang membanggakan bagi semua orang yang terlibat. Sosok House telah menggugah banyak penonton di seluruh dunia dan kesuksesan serial ini menunjukkan bahwa publik sangat menyukai drama televisi yang menawarkan lebih dari sekedar wajah rupawan dan aksi tembak-tembakan,” tambahnya.

Musim terakhir House, aksi pamungkas Dr. Gregory House dan timnya bisa disaksikan di saluran Sony Entertainment Television (SET) tiap Selasa jam 21:55 WIB, melalui Indovision (ch. 160) dan Aora (ch. 418).

Foto: Dok. Sony Entertainment Television.