Kemarin Yahoo! secara resmi mengumumkan perluasan fitur integrasi Facebook-nya yang bernama Beranda Sosial -di Amerika Serikat dikenal sebagai fitur Social Bar- untuk semua pasar Asia Tenggara dan India. Dengan peluncuran integrasi Facebook di Indonesia dan seluruh dunia ini, pengguna Yahoo! sekarang dapat terhubung dengan Facebook dan menambah teman mereka sebagai ‘editor sosial’ dalam pengalaman Yahoo!.

Peluncuran terbaru ini menandai babak baru dalam hubungan Yahoo! dengan Facebook dan juga sebagai tonggak bersejarah dalam strategi Yahoo! untuk menambahkan pengalaman sosial dan pribadi ke seluruh konten portofolio perusahaan media digital global terkemuka ini.

“Sebagai tujuan berita online paling populer, Yahoo! memberikan konten yang paling menarik di web melalui kombinasi editor lokal, teknologi mutakhir dan kini teman Anda,” kata Blake Irving, Chief Product Officer, Yahoo! lewat rilis pers yang diterima Sembarang.com.

Sejak peluncuran fitur Social Bar secara global, lebih dari 22 juta orang telah menggunakan, meningkatkan trafik dari Facebook ke Yahoo! News dan membawa audien lebih muda (18-24 tahun) yang terlibat secara sosial kepada Yahoo!. Di Indonesia, semenjak peluncurannya pada bulan Desember, trafik dari Facebook telah meningkat lebih dari 200%.

Di Indonesia, jejaring sosial berada di posisi teratas sebagai aktivitas online paling populer (89%), dengan kategori lainnya seperti kunjungan ke halaman portal Internet (72%) dan membaca berita (61%) yang menunjukkan pertumbuhan maksimum sejak 2009 (sumber: Yahoo! Net Index 2011).

Isaac Souweine, Head of Product Marketing for Mobile, Communications and Communities Yahoo! APAC mengatakan, “Masyarakat Indonesia sudah menunjukkan adanya permintaan yang tinggi pada perangkat jejaring sosial yang dapat berbagi konten secara mudah. Yang menarik tentang Beranda Sosial ini adalah kemampuannya mengintegrasikan perangkat tersebut langsung kepada situs media dimana dorongan untuk berbagi konten dimulai.”

Perluasan fitur Beranda Sosial ke lebih banyak situs Yahoo! di seluruh dunia memungkinkan orang-orang untuk menemukan dan berhubungan di seputar berita, hiburan dan informasi yang mereka sukai di Yahoo! melalui update di Facebook. Fitur ini sudah tersedia di Yahoo! OMG dan Yahoo! She.

Proses pemilihan yang sangat mudah mendekatkan masyarakat pada pengalaman sosial yang mendalam:

·Kendalikan Apa yang Anda Bagikan – Dengan mengubah pengaturan ke fitur baru, pengguna dapat melihat teman-teman Facebook mereka dan artikel-artikel terbaru yang telah mereka baca. Aktivitas para pengguna juga akan ditampilkan di profil Facebook mereka saat itu juga. Sangatlah mudah untuk mengaktifkan, menonaktifkan dan menghapus item.

·Melihat Kegiatan Teman-teman Anda – Menampilkan teman-teman Facebook dan apa yang sedang mereka baca di Yahoo! di bagian terbaru di bagian atas halaman.

Beranda Sosial akan digabungkan dalam berbagai properti media di seluruh jaringan Yahoo! dan didistribusi lebih banyak di Indonesia dan berbagai pasar internasional lainnya dalam beberapa bulan ini.

Yahoo! berencana untuk mengintegrasi tambahan fitur sosial ke dalam beberapa properti Yahoo! lainnya di Asia Pasifik dan seluruh dunia.