Festival Musim Semi Prancis hadir kembali di Surabaya sepanjang Mei-Juni 2007. Memasuki tahun ke-3, kali ini cukup banyak acara menarik yang digelar.

“Seperti tahun lalu, tahun ini kami juga mempunyai sembilan acara,” ungkap Hervé Mascarau, Direktur CCCL Surabaya dalam jumpa pers kemarin siang.

Sebagai pembuka, mulai hari ini hingga 31 Mei 2007 ada pameran fotografi udara karya R.A. Bene dan pemutaran film dokumenter langka hasil editan Des Alwi Abubakar, tokoh sejarah nasional Indonesia. Ada sekitar 40 foto udara berbagai ukuran yang dipasang di Galeri CCCL Surabaya. Sementara dua film dokumenter langka yang salah satunya soal saat-saat terakhir Bung Karno meninggalkan istana akan diputar mulai 21 hingga 31 Mei 2007 jam 15.00 WIB di Salle France CCCL Surabaya secara gratis.

Selanjutnya bakal hadir Pockemon Crew pada Sabtu, 19 Mei 2007 di halaman Balai Kota Surabaya mulai pukul 19.00 WIB. Kelompok hip-hop asal Prancis yang pernah menjadi Juara Dunia di Jerman pada 2003 dan Juara Eropa 2004 itu akan memainkan atraksi tarian berjudul “Siii…Si!”. Surabaya bakal jadi kota pertama dari rangkaian tur mereka di Asia.

“Ketika pihak CCCL Indonesia melemparkan ide akan mengundang Pockemon Crew ke Indonesia, semua CCCL yang ada di negara-negara Asia lainnya juga ingin ikut mengundang mereka,” ujar Hervé.

Sementara untuk sajian lain dalam festival tahun ini ada pertunjukan teater boneka C’ Koi Ce Cirk asal Prancis 31 Mei-1 Juni di Mitra 1, pameran fotografi dan workshop mode oleh Wilfrid Rouff 5-15 Juni di CCCL Surabaya, konser musik elektronik bersama DJ Missill 13-14 Juni di Vertical Six dan Redboxx Surabaya, pameran ilmiah “Air untuk Kehidupan” 19-30 Juni di Galeri CCCL Surabaya, Pentas Musik Sedunia 21 Juni di kebun CCCL Surabaya, dan Festival Sinema Prancis 2007 27-30 juni di Salle France CCCL Surabaya. Sebagai penutup, pada 8 Juli 2007 akan digelar Malam Penutupan Festival Musim Semi Prancis 2007 di kebun CCCL Surabaya khusus untuk undangan.