cokelat

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan rasa nasionalisme sekaligus memberi kado bagi Republik Indonesia yang bulan depan akan memperingati ultah ke-61. Salah satunya adalah membikin album bertema patriotisme. Itulah yang dilakukan Cokelat dengan menghadirkan album baru berjudul Untukmu Indonesiaku. Lewat album spesial ini, selain mengusung dua lagu baru, Cokelat mendaur ulang 8 buah lagu wajib nasional dan lagu bertema perjuangan (termasuk 1 lagu lama milik Cokelat) dengan ramuan musik pop modern tanpa menghilangkan ruh lagu aslinya.

“Kami bikin album ini untuk memberi sesuatu bagi Indonesia yang tentunya sesuai dengan kemampuan Cokelat yaitu bermusik. Cokelat merasa sudah saatnya melestarikan lagu nasional yang sekarang ini sudah tenggelam dari hinggar bingar oleh musik modern,” kata Edwin, sang gitaris, dalam rilis yang dikeluarkan pihak label Sony BMG Music Indonesia.

Lebih lanjut diceritakan, pengerjaan album ini memakan waktu sekitar tiga bulan. Pemilihan dan penggarapan aransemen lagu-lagu perjuangan dalam album ini dikerjakan di tengah-tengah promo tur album The Best Of Cokelat ‘Tak Pernah Padam’. Riset kecil-kecilan pun sempat dilakukan para anggota Cokelat. Demi mendapatkan feel yang pas dalam menggarap album ini, mereka cabut ke Pulau Bali. Memasuki pertengahan bulan Juni 2006, lagu-lagu untuk album Untukmu Indonesiaku ini akhirnya selesai direkam.

Sebagai single pertama terpilih Satu Nusa Satu Bangsa ciptaan L. Manik. Berikutnya ada lagu Tanah Airku yang sempat bikin Kikan meneteskan air mata saat take vocal. Selanjutnya masih ada sederet lagu lainnya seperti Kebyar-Kebyar, Syukur, Bangun Pemuda-Pemudi, Halo-Halo Bandung, dan Hari Merdeka. Sementara lagu Bendera ciptaan Erros ‘Sheilla on 7′ yang dirilis Cokelat tahun 2002 silam dibikin dalam versi baru dengan raungan gitar yang lebih menonjol. Dua lagu baru yang ditulis personil Cokelat pun tak kalah bernuansa nasionalisme. Simak saja Cinta Damai ciptaan Edwin ‘Cokelat’ dan Ikrar Kami bikinan Ernest ‘Cokelat’.

Hmm, kayaknya seru juga tuh pas di acara 17-an nanti mutar lagu-lagu Cokelat dari album baru ini…