trisum

Nampaknya musik jazz semakin mendapat tempat di hati masyarakat kota Surabaya yang oleh banyak pihak dikenal sebagai kotanya penggemar musik rock. Tengok saja sederet pertujukan musik jazz yang digelar belakangan ini rata-rata mampu menyedot penonton dalam jumlah cukup banyak. Salah satunya adalah konser dari kelompok Trisum yang digelar di Ballroom JW Marriott Hotel Surabaya semalam (3/4). Surabaya menjadi kota ke-2 dari rangkaian tur 6 kota yang disponsori oleh sebuah perusahaan rokok.

Meskipun molor satu jam dari jadual semula, namun sekitar 1000 orang penonton yang hadir saat itu tetap saja memberikan sambutan yang meriah ketika para pendekar gitar Trisum hadir di atas panggung. Dewa Budjana, Tohpati, dan Balawan tanpa basa-basi langsung menghantarkan Cublak-cublak Suweng. Aksi bertiga itu kemudian disusul dengan Kromatik dan Minez in My Mind.

trisum

Selanjutnya, berturut-turut ketiga pendekar gitar itu tampil solo dengan iringan Sandy Winarta (drum) dan Indro Hardjokoro (bass). Ketika giliran Tohpati, ada Eugen Bounty yang juga membantu dengan permainan clarinet-nya. Budjana yang hadir dengan nuansa musik tradisinal mengusung permainan kendang dari Jalu G. Pratidina dan alunan suling dari M. Saat Syah. Sementara Balawan meskipun hanya dengan iringan drum dari Sandy Winarta namun tampil tak kalah memukau. Agak berbeda dengan kedua rekannya, Balawan mencoba tampil lebih komunikatif dengan penonton. Penonton terlihat terkesima saat Balawan memunculkan suara-suara unik seperti suara gamelan dan orang berbisik dari gitarnya. Aplus panjang terdengar beberapa kali membahana dari arah penonton. Pertunjukan Trisum seakan menjadi pelepas dahaga bagi penggemar musik jazz di Surabaya. Sayangnya, pengaturan lampu panggungnya terasa kurang maksimal sehingga secara visual agak kurang nyaman. Gangguan pada sound system-nya juga sempat terjadi beberapa kali.

Selama dua jam, tidak kurang dari 14 nomor jazzy dihadirkan di atas panggung yang agak rendah itu, termasuk aksi solo drum dan bass dari Sandy dan Indro. Rupanya penonton masih belum puas. Buktinya, begitu lagu Lalu Lintas dan Mahabarata yang tadinya diumumkan sebagai dua lagu terakhir usai dimainkan, sebagian besar penonton masih bertahan sambil berseru “lagi.. lagi…” Dan, bisa ditebak, ketiga pendekar gitar pun muncul lagi di atas panggung dan langsung mengusung La Fiesta dan Turkish March yang benar-benar menjadi penutup. Ketika semuanya benar-benar selesai, standing applause diberikan oleh penonton yang kemudian langsung memburu CD dan DVD yang dijual di dekat pintu masuk.

trisum

Sambutan penonton Surabaya yang tergolong luar biasa itu ternyata cukup mengejutkan personil Trisum sendiri. Balawan, misalnya. Menurut dia, sambutan penonton Surabaya paling bagus dibanding dua kota sebelumnya. “Bagus banget. Gak nyangka penontonnya. Biasanya di sini kan ngerock gitu tapi (malam ini penontonnya) bisa tinggal sampai selesai, ” ujar Balawan yang bersama Trisum akan merilis album tahun depan.